Kamis, 09 Desember 2010

CITRA PARIWARA

Citra pariwara
            Citra pariwara adalah lomba Ratusan karya iklan terbaik dari seluruh, yang Diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) sejak 1987 Tahun ke 23, lomba iklan dengan reputasi terbaik di Indonesia, di ikuti oleh 800 lebih peserta iklan; lomba iklan terbesar di tanah air, acaranya berupa Festival: pameran, seminar, presentasi dan malam penghargaan, Dihadiri oleh lebih dari 2.000 kalangan praktisi, klien, media, rumah produksi, mahasiswa dan lain-lain, dan Menghadirkan Juri dan Pembicara bertaraf internasional selama 3 hari
Di Citra Pariwara 2010 ini karya-karya peserta secara umum akan dikelompokkan dalam 4 (empat) kategori lomba yaitu:
Urban Media
            Citra Pariwara 2010 juga menyelenggarakan ajang kompetisi khusus bagipraktisi periklanan (PERORANGAN) dari semua divisi di industri periklanan. Kompetisi ini bertujuan memacu kreatifitas yang berdasar kuat pada pengamatan media-media non konvensional.
            Media urban award ini juga merupakan salah satu bentuk keterlibatan para pegiat industri periklanan terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Lomba ini akan menerjukan para art director / copywriter / media planner / account executive atau siapa pun yang bekerja di industri komunikasi ke realitas sesungguhnya di masyarakat.
            Seluruh peserta lomba harus memotret persoalan sosial dan persoalan komersial masyarakat yang ada di sebuah tempat dan mengajukan penyelesaikan komunikasi terhadap permasalahan tersebut. Contoh permasalahan yang bisa dipotret dan dijadikan bahan lomba adalah :
            Persoalan Sosial: Kemacetan, kebersihan, ketidakdisiplinan, premanisme, pelanggaran hak publik, kesremawutan, pelanggaran hukum di sebuah tempat dan lain-lain. Atau Persoalan komersial dan pergadangan sektor informal: Kesremawutan plang pedagang, tumpang tindih pesan-pesan di warung, plang-plang warung yang tidak fokus, pesan dagang yang tidak jelas dan fokus dan lain-lain. (Dua contoh persoalan itu bukan kategori lomba)
Bentuk-bentuk penyelesaian menggunakan sudut pandang komunikasi. Dalam bentuk PROGRAM KOMUNIKASI atau solusi-solusi fisik berupa, SARANA KOMUNIKASI mulai dari sign, ambient media, poster di sebuah tempat, selebaran, audio visual, happening art, experimental art, instalasi dll.
            Peserta akan ditugaskan untuk memfoto sebuah masalah di sebuah zona yang telah ditentukan, mengusulkan konsep solusi komunikasi atas permasalahan yang dipilih. Peserta tidak akan mempraktekkan solusi komunikasi dalam masalah tersebut, tapi hanya mengirim konsep, usulan penyelesaian komunikasi.
   




DAUN MUDA AWARD 2010
            Citra Pariwara menyelenggarakan ajang kompetisi khusus bagi praktisi muda periklanan Indonesia. Kompetisi ini diberi nama Daun Muda Award yang bertujuan memacu persaingan dengan rekan-rekannya di tingkat nasional dan regional.

            Tahun ini adalah tahun ketujuh peyelenggaraan Daun Muda Award. Dari enam penyelenggaraan sebelumnya, PPPI telah berhasil mengirimkan 6 (enam) pasang insan muda periklanan ke ajang Young Lotus Creative Workshop di Asia Pacific Advertising Festival
Young Film Directors
            Ajang unjuk diri bagi para sutradara muda berbakat dibawah usia 32 tahundi Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan akan muncul sutradara-sutradara muda untuk dunia periklanan yang baru dan mampu meningkatkan kualitasiklan Indonesia ke manca-negara.


BG Award

            Tahun ini adalah tahun ke-5 dimana Citra Pariwara menyelenggarakan BG Award; suatu kompetisi cipta iklan antar siswa/mahasiswa Institusi Pendidikan se-Indonesia Kompetisi ini bertujuan:

Mengukur tingkat kreatifitas para siswa/mahasiswa khususnya yang tertarik pada bidang periklanan
Menyediakan wadah kompetisi iklan bagi institusi pendidikan yang berkaitan dengan bidang periklanan
Melibatkan siswa/mahasiswa yang tertarik pada bidang periklanan pada suatu kegiatan lomba periklanan berskala nasional sehingga dapat melihat perkembangan dunia kreatifitas periklanan di Indonesia
Misi dari acara tersebut adalah
  • Meningkatkan wawasan praktisi periklanan (pengiklan, biro iklan, dan media) tentang pentingnya kreativitas dalam kegiatan komunikasi pemasaran.
  • Meningkatkan kualitas Sumber Daya Insani periklanan Indonesia sehingga karya-karya kreatif mereka dapat menjangkau standar kualitas internasional.
  • Meningkatkan minat dan apresiasi para akademisi dan siswa/mahasiswa yang tertarik pada dunia periklanan.
 Peserta
  • Insan-insan kreatif dan/atau perusahaan-perusahaan periklanan se-Indonesia.
  • Production House, Recording House, Animation House, Photographer dan Post Production House.
  • Perusahaan-perusahaan Media seperti Media Cetak, Radio, dan Televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar